Tips SEO | Griya Ilmu & Bisnis
 
Griya Ilmu & Bisnis
 
Selasa, 21 Juni 2011

Tips SEO

it's an information blog
Sobat Griya..
Nah coba anda simak tips SEO yang saya bagikan ini :

1. Manfaatkan Subscribe Blog orang lain.

Ada jutaan pengguna internet, tapi hanya sebagian kecil yang mengetahui dan memanfaatkan Rss/atom feed. Di bawah ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Rss/atom feed berikut manfaatnya baik bagi Pengguna Internet maupun bagi Blogger.


RSS (Rich Site Summary) bisa dikatakan sebagai ringkasan isi blog/situs, atau bisa juga dibilang sebagai bentuk lain yang lebih sederhana dari sebuah Blog/Situs.

Manfaat Rss/Feed bagi pengguna internet
Manfaat subscribe rss feed bagi pengguna internet adalah dengan men-subscribe rss feed, pengguna bisa mengoleksi serta mengikuti update content (isi blog/situs) yang di-subscribe melalui situs-situs rss reader seperti http://Google.com/Reader , http://My.Yahoo.com , http://Bloglines.com , http://Netvibes.com , dsb.

Di Indonesia, subscribe rss feed mungkin merupakan hal baru, akan tetapi di luar negeri subscribe rss feed dianggap cara yang praktis dan efisien untuk mengikuti update news dan artikel beberapa situs penting sekaligus.


Situs untuk menyimpan atau mengoleksi rss feed antara lain;

  • http://Google.com/Reader
  • http://My.Yahoo.com
  • http://Bloglines.com
  • http://Netvibes.com
  • dsb (silahkan klik tombol subscribe utk melihat macam-macam situs reader)

Bagaimana cara mengoleksi Rss feed
Bila anda ingin mengikuti dan tidak ingin ketinggalan berita (news) atau update suatu blog/situs, ada dua cara yang bisa anda lakukan

  1. Cari dan klik subscribe button pada blog/situs favorite anda - klik icon situs reader - login situs reader (bila belum login) - atur/manage - selesai.
  2. Login situs feed reader - masukkan url/feed situs-blog yang anda suka - atur/manage - selesai.

Contoh tombol Subscribe

(klik button dibawah untuk melihat daftar button situs reader)

Subscribe
Setelah subscribe, sekarang anda bisa mengetahui update terbaru situs-situs favorite anda melalui situs feed reader, Selamat mencoba !!


Manfaat Rss/atom feed bagi Webmaster/blogger

Manfaat Rss/atom feed bagi webmaster dan Blogger adalah selain bisa dipakai sebagai Sitemap, Rss feed juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan semacam pelanggan tetap blog, sehingga diharapkan, bila visitor men-subscribe rss feed kita, pada lain kesempatan, bila mereka membaca update post kita melalui feed reader, mereka akan tertarik pula untuk membaca artikel lengkap feed tersebut dan berkunjung kembali ke blog kita. Semakin banyak subscriber, semakin besar peluang blog dikunjungi kembali.


Situs untuk membuat rss/atom feed

Umumnya para blogger membuat feed di http://feedburner.com. Sedangkan untuk widgetnya, saya sarankan di http://addthis.com

Bagaimana supaya disubscribe pengguna internet?


  • Yang pasti content blog anda harus bermanfaat, berkualitas, dan update.
  • Pasang button/widget Subscribe ditempat yang mudah terlihat.
  • Tidak semua visitor mengerti fungsi button subscribe, jadi jelaskan secara singkat manfaatnya supaya mereka tertarik mencoba.
Ringkasnya Manfaat Subscribe: Setiap ada tulisan baru tentang topik/produk yang Anda subscribe, maka informasi tentang opini baru tersebut akan otomatis terkirim ke e-mail Anda.

2. Dengan pengoptimalan SEO yang baik, rangking situs atau blog Anda di google dan search engine lain bisa terus meningkat. Banyak tips SEO yang bisa Anda pakai untuk website Anda. Tetapi bagi para pemula sebaiknya terlebih dahulu menerapkan beberapa tips dasar SEO (dengan pengoptimalan keyword) berikut.

  1. Tentukan keyword yang menurut Anda paling sesuai dengan tema website Anda
    Hal yang paling penting dalam menentukan keyword untuk situs atau blog Anda adalah adanya hubungan keyword dengan tema atau isi dari situs Anda. Selain itu, jangan mengulangi kata yang sama pada keyword Anda lebih dari 3 kali, karena kemungkinan blog Anda akan dianggap spam.

    Contoh keyword: petunjuk bisnis, tutorial blog, tips SEO

  2. Tentukan domain website Anda
    Gunakan domain yang mudah diingat oleh orang banyak dan sesuai dengan tema website Anda. Sebaiknya domain mengandung keyword utama Anda.

    Contoh domain: http://griya-ilmu-bisnis.blogspot.com/

  3. Buat judul (title) yang unik pada halaman depan
    Judul yang paling baik untuk situs atau blog Anda adalah judul yang mengandung keyword dari website Anda. Untuk itu, gunakan keyword utama Anda di dalam judul. Juga gunakan judul yang sesuai dengan isi website Anda dan jangan gunakan judul yang terlalu panjang (sebaiknya tidak lebih dari 60 karakter).

    Contoh judul: Panduan Berbisnis di Internet, Tutorial Blog, Tips & Trik

  4. Buat deskripsi (meta tag: "description") untuk website Anda
    Dalam membuat deskripsi, gunakan beberapa kata yang efektif dan relevan dengan situs atau blog Anda. Juga gunakan keyword utama Anda.

    Contoh deskripsi: Panduan berbisnis dengan blog, membahas tips dan trik blog, tutorial blog, tips SEO, dan cara menghasilkan uang dengan blog.

  5. Gunakan keyword pada konten Anda
    Gunakan secara efektif keyword Anda pada heading, isi tulisan (terutama 20 kata pertama), link, alt text, dan nama file.

Itulah 5 tips dasar SEO yang perlu Anda terapkan terhadap situs anda, sebelum mendaftarkan situs anda ke search engine. Langkah selanjutnya dalam Search Engine Optimization adalah terus mengupdate blog Anda dan cari banyak backlink ke blog Anda.

Jika Anda berhasil melakukannya, maka blog Anda akan cepat berkembang dan posisi blog Anda di search engine, seperti 'google' akan terus meningkat.



2 tips aja dulu ya ...

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Tinggalkan pesan anda disini :

Updates Via E-Mail